Apakah Anda masih awam dengan istilah Internet marketing dan
ingin mencari tahu bagaimana strategi pemasaran Internet yang tepat?
Situs Bejana.com lambat laun berkembang menjadi situs yang kaya
informasi dan seorang pemula mudah sering kebingungan harus memulai dari
mana.
Garis besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang saya singkat SISTEM:
- S - Search and research. Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor Anda.
- I - Initiate strategy. Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan.
- S - Start content engine. Pergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis Anda.
- T - Traffic. Mendatangkan pengunjung ke situs Anda.
- E - Embrace relationship. Bina hubungan dengan pelanggan melalui berbagai kanal.
- M - Money. Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan.
Izinkan saya memberikan tur singkat, langkah demi langkah, kepada
Anda... termasuk beberapa sumber daya yang dapat Anda pergunakan bila
ingin menggali lebih dalam.
1. S - Search and Research
Dapat saya katakan sekitar 90 persen orang melakukannya dengan cara
yang salah, atau bahkan tidak sama sekali. Itu bila diumpamakan sama
sekali mengarahkan anak panah secara acak dan berharap mengenai sasaran.
Usaha yang dilakukan hanya akan membuang waktu, tenaga dan dana saja.
Memiliki situs tanpa mengerti untuk apa situs itu dipakai tidak akan
banyak bermanfaat. Mengapa? Karena Internet segera akan menjadi area
yang pelik dengan persaingan yang tinggi. Metode terbaik untuk sukses
dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset di mana Anda:
- Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
- Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
- Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan pemain yang ada.
Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari
dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan
di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari. Beberapa
lebih suka membangun situs web dengan informasi yang membantu calon
pembeli. Lalu melalui suatu proses mengkonversi prospek menjadi
pelanggan.
Situs-situs jejaring sosial seperti Facebook juga merupakan cara yang
efektif untuk menjangkau pelanggan. Dengan jutaan orang yang aktif di
sana setiap hari, banyak sekali transaksi yang terjadi akibat interaksi
yang diawali dari situs tersebut.
Tujuan langkah ini adalah mengetahui dari mana Anda dapat menjangkau
prospek dan pelanggan. Bagi yang ingin memulai bisnis online, langkah
ini melibatkan proses pencarian ceruk pasar. Tentu saja Anda juga ingin
mengetahui apa yang dilakukan kompetitor. Riset sederhana dapat
dilakukan dengan biaya yang relatif ekonomis.
2. I - Initiate Strategy
Kebanyakan orang berpikir Internet marketing itu identik dengan situs
web. Itulah permulaan dan akhir dari strategi Internet. Satu dasawarsa
yang lalu, pernyataan itu benar. Sekarang tidak lagi. Strategi pemasaran
Internet berkembang sangat pesat sehingga informasi yang segar selalu
diperlukan jika tidak ingin ketinggalan.
Walaupun situs web masih menempati posisi inti, kenyataannya tidak
harus dimulai dari sana. Contohnya saja, saya tahu ada banyak usaha
mikro, kecil dan menengah yang langsung terjun dalam salah satu situs
jejaring sosial. Ekspansi kemudian dilakukan setelah mereka berhasil di
sana, atau merasakan manfaat dan potensinya yang memang sangat besar.
Satu model yang baik adalah membangun situs web sebagai pusat dari
segala aktifitas bisnis. Jejaring sosial dapat dipergunakan untuk
mendatangkan pengunjung ke situs. Selain itu, masih banyak strategi
mendatangkan pengunjung yang lain. Dan sekali lagi, semua diarahkan ke
situs web agar dapat mencari tahu, memahami dan melakukan transaksi di
sana.
Tidak mungkin memberitahu Anda cara-cara membuat situs web yang
efektif di sini karena keterbatasan waktu. Silakan merujuk ke bagian
lain dari situs ini untuk informasi lebih lanjut.
Walaupun situs web bagian yang penting dari strategi pemasaran
online, bagi sebagian orang langkah ini masih terlalu jauh. Adakah cara
yang lebih ekonomis dan cepat untuk mengukur pasar tanpa harus langsung
terjun membuat website? Jawaban singkatnya ada.
Saya telah menulis beberapa modul untuk menerangkan keseluruhan
prosesnya. Silakan berlangganan newsletter Bisikan Sukses (gratis untuk
sementara waktu) dan akan saya beberkan cara agar siapapun dapat memulai
tanpa modal, tanpa situs web, dan tanpa produk.
3. S - Start Content Engine
Konten masih merupakan materi penting dalam strategi pemasaran
online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya,
mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya.
Siswa/i dan mahasiswa/i mencari bahan untuk pekerjaan rumah atau
makalah. Tenaga kerja mencari lowongan pekerjaan baru. Staf kantor dan
profesional mencari jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Ibu rumah
tangga menggunakan Internet untuk menemukan resep masakan baru.
Orang-orang juga mempergunakan media ini untuk mencari hiburan dalam
bentuk lagu dan video.
Kegiatan-kegiatan di atas adalah contoh kasus praktis yang dilakukan
pengguna Internet sehari-hari. Bervariasi memang, tapi semuanya berpusat
pada konten. Sedemikian pentingnya, seorang
Internet marketer harus mengetahui bagaimana cara membuat dan mendistrusikan konten dengan baik.
Strategi membuat konten tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan
orang. Dengan cara yang benar, Anda juga dapat memenuhi situs dengan
konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya
penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep yang mungkin kontroversial
bagi Anda karena pelanggan dan klien yang datang mencari Anda, dan bukan
sebaliknya. Strategi pemasaran Internet ini saya namakan
content marketing.
4. T - Traffic
Di langkah kedua di atas, saya telah menyinggung sekilas mengenai
strategi mendatangkan pengunjung. Itu penting agar Anda mempunyai
gambaran mengenai keseluruhan prosesnya. Beberapa strategi yang populer
termasuk:
- Search engine optimization. Ilmu, teknik dan proses
memposisikan halaman situs web Anda di posisi yang tinggi di halaman
pencarian untuk kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan Anda.
-
- Pay per click atau bayar / biaya per klik.
Sistem periklanan yang diterapkan di Google salah satunya, di mana
setiap kali iklan Anda diklik, Anda membayar sejumlah uang. Strategi ini
bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika Anda telah memiliki
proses penjualan yang baik.
- Affiliate marketing. Strategi pemasaran di mana
Anda menarik Internet marketer berpengalaman untuk menjadi rekan bisnis
lepas. Anda dapat memutuskan untuk membayar mereka dalam bentuk komisi
untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari mereka (Cost Per Sale atau
CPS), untuk setiap prospek (Cost Per Action atau CPA), ataupun untuk
setiap klik (Cost Per Click atau CPC, Cost Per Mille atau CPM).
- Media buying. Meliputi pembelian iklan untuk
ditampilkan pada berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan
sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian
iklan di radio, televisi dan media cetak.
- Social media. Strategi ini naik daun pada beberapa
tahun belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi interaksi langsung
dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial.
- Email marketing. Mempergunakan email sebagai sarana
komunikasi menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat
menarik pengunjung kembali ke situs Anda berulang kali. Lihat langkah
selanjutnya.
Ada banyak lagi strategi yang dapat disebutkan berupa kombinasi ataupun variasi dari apa yang saya sebutkan di atas.
5. E - Embrace relationship.
Sebagaimana indahnya situs Anda tidak akan mengubah kenyataan bahwa
sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama. Mungkin
mereka belum yakin. Prospek Anda mungkin ingin mencari informasi dari
situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga pilihan
belum diputuskan.
Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul dan
menuntun mereka melalui suatu proses. Jika Anda dapat membuktikan bahwa
Anda memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan bahwa Anda
sanggup membantu mereka atau memiliki tawaran terbaik yang mereka cari,
maka pada saat mereka siap nantinya... dapat Anda tebak siapa yang
mereka ingat. Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir?
Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh sebab itu
dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang mengizinkan
Anda mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan mereka
informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu
saat Anda akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar
prospek Anda, semuanya dapat ditangani dengan sistematis.
Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan
dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, Anda dapat
berkomunikasi secara hampir
real-time dengan mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan promosi dan informasi produk baru.
Kedua teknik di atas sangat berbeda implementasinya, tapi inti pemakaiannya sama.
Bila Anda belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa
biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali
dari biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelangga yang telah ada.
Pelanggan yang pernah membeli selalu akan mengingat Anda selagi ada
kesempatan, bila pengalaman yang Anda berikan baik.
Email dan media sosial adalah dua sarana ataupun kanal yang juga dapat Anda pergunakan untuk tujuan ini.
6. M - Money
Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan pendapatan yang
menguntungkan. Semua proses di atas harus Anda lalui bila ingin sampai
pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali Anda dapat
mencari pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya.
Setelah memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu
langkah yang harus Anda lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf
konversi seseorang dari pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan
semakin tinggi. Jika awalnya dari 200 orang 1 membeli dan Anda
meningkatkannya menjadi 1 pembeli setiap 100 orang, maka teorinya,
keuntungan Anda berlipat ganda.
Jadi, sampai ke langkah ini bukan berarti akhir dari kesemuanya.
Seperti halnya bisnis, semua merupakan proses yang terus dilakukan, dan
berpotensi dikembangkan dan dimajukan.
Cara-cara eksperimen dan optimasi merupakan bidangnya tersendiri dan
merupakan topik yang akan dikupas di kesempatan lain. Untuk sekarang,
saya rasa semua ini cukup memberikan Anda ide tentang bagaimana
mengembangkan strategi pemasaran Internet atau Internet marketing yang
sukses.